Memasak itu sangat menyenangkan
Memasak itu sangat menyenangkan

Cara Sehat Memasak Sayur Yang Baik Dan Benar

 


Sayuran dipenuhi oleh nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun seringkali cara memasak yang salah akan membuat sayuran kehilangan semua nutrisi di dalamnya. Jika ini yang terjadi, maka sebanyak apapun sayuran yang dikonsumsi tak akan bermanfaat untuk tubuh.

Karena itu, mengetahui cara memasak sayur dengan benar sangat penting, terutama untuk mendapatkan semua manfaat di dalamnya dan tak membuat nutrisi dalam sayur dengan sia-sia. Berikut adalah beberapa cara memasak sayuran yang sehat dan menjaga nutrisi di dalamnya. Yuk bunda disimak tips memasak sayuran yang tepat yang telah resep koki rangkum, berikut tips-tipsnya.


Miliki Kompor keren disini  inikomporGue.com

Ada Cerobong asap juga lhooo  cerobongasapDapur.com

Nih, tambah lagi  ada Oven & Microwave  ovenMicrowave.com   


1.  Cara Menumis

Yang pertama adalah menumis, salah satu cara cepat memasak sayur di atas penggorengan pipih dengan sedikit minyak sayur. Di atas wajan melengkung pun sah. Tapi ingatlah, ketika Bunda memasak sayur dengan minyak, vitamin larut dalam lemak mungkin berakhir bersama minyak. Ada baiknya jangan anda buang minyak tersebut.

 

2.  Cara Memanggang

Tips yang kedua adalah memanggang, kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur. Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air tinggi agar tidak mengering. Sayuran dari akar-akaran adalah yang jenis terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

 

3.  Cara Memasak Tanpa Air

Sedangkan yang ketiga adalah tips memasak tanpa air, cara ini biasanya membutuhkan tiga hingga lima menit. Metode ini baik untuk sayur-sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci.

 

4.  Cara Mengukus

Yang keempat adalah mengukus, cara terbaik untuk mengolah bahan sayuran adalah dengan mengukusnya. Cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayur dalam waktu singkat.

  

5.  Cara Presto 


Tips kelima adalalah memasak dengan cara presto, memasak sayur dalam tekanan tinggi akan menyingkat waktu memasak sehingga dapat menyimpan nutrisi. Kendalanya, jika Bunda terlalu lama, biarpun dalam periode singkat, sayur akan berubah menjadi lembek. Apalagi semua sayur memiliki tekstur dan kepadatan berbeda, sehingga pastikan jenis sayur dan periode yang tepat jika panci tekanan tinggi menjadi pilihan anda. Selama bisa, hindari memasak sayuran dengan presto karena sayuran akan berubah menjadi lembek.


6. Cara Merebus


Ada juga memasak sayur dengan cara di rebus. Sebenarnya cara ini sangat tidak dianjurkan, karena dengan merebus, vitamin pada sayuran akan cepat berkurang. Jika Ibu harus menggunakan cara ini, Tambahkan sayur setelah air mulai mendidih dan masaklah sesikat mungkin. Sangat  disarankan dalam merebus biarkan air mendidih selama kurang dari 2 menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan vitamin C dalam sayur menguap. Disarankan untuk tidak merebus langsuk sayur yang ditempatkan bersamaan dalam air dingin. Itu hanya akan mengurangi kadar vitamin C.